Warga Banjarnegara Jemur Kasur Masal Jelang Musim Hujan

Masyarakat Desa Dawuhan Kecamatan Madukara melaksanakan gerakan jemur kasur. Langkah ini dicoba buat mengestimasi datangnya penyakit jelang masa hujan. Jadi jemur kasur masal jelang musim hujan sudah menjadi tradisi daerah tersebut.

Semenjak pagi, masyarakat Desa Dawuhan ramai- ramai menjemur kasur di depan rumah mereka. Tidak hanya menjemur kasur, masyarakat pula melaksanakan gerakan buka jendela.

Bagaimana jemur kasur masal jelang musim hujan dilakukan setiap tahunnya? Salah satu masyarakat Desa Dawuhan Yuliatun( 54) berkata, gerakan ini dicoba seluruh masyarakat di daerahnya. Gerakan ini dicoba buat mengestimasi penyebaran penyakit.

” Kasur ini umumnya kan lembab, jadi mumpung masih terdapat panas setelah itu dijemur ramai- ramai. Gerakan ini pula dibarengi dengan membuka jendela rumah,” kata ia dikala ditemui di rumahnya, Jumat( 1/ 11/ 2019).

Tidak hanya menyukseskan program pemerintah, pula lantaran areaslot ada penyakit gatal- gatal yang dialami salah satu masyarakat di Desa Dawuhan. Sehingga diharapkan dengan gerakan ini sanggup menghasilkan area yang sehat.

” Yang menggerakan tadi terdapat petugas Puskesmas. Tidak hanya itu pula buat mengestimasi penyakit meluas seprti gatal- gatal. Di mari memanglah terdapat yang mengidap gatal- gatal telah lumayan parah,” terangnya.

Masyarakat Desa Dawuhan yang lain Sutinah berkata grupnya tidak cuma menjemur kasur miliknya, tetapi pula sofa. Perihal ini dicoba buat mengestimasi terbentuknya penyakit meluas.

” Ini jemur kasur, bantal serta sofa. Sebab memanglah di mari terdapat yang terserang penyakit gatal. Jadi buat mengestimasi supaya tidak meluas. Terlebih saat ini telah mulai hujan walaupun masih sebentar,” ucapnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *